Tetap cantik,bersih dan mempesona!

sekarang behel sudah menjadi trend dimana-mana didalam datu sekolah pun sekrang ga terhitung remaja yang menggunakan behel atau yang hampir mirip pagar itu hmmm.Dari yang membentuk gigi sampai yang hanay untuk bergaya aja.

Pengguna behel harus ekstra menjaga kebersihan gigi dan mulut karena rentan pada gangguan yang ditumbulkan sebagai efek samping penggunaan behel.Mau tau apa aja tips untuk menjaga kebersihan mulut untuk pengguna behel?

1. Kontrol rutin ke dokter gigi minimal tiga minggu sekali .

2. Segera temui dokter gigi jika mengalami masalah dengan behel, seperti kehilangan karet pengait atau muncul luka pada mulut setelah pemasangan behel.

3.kalau telanjur terluka kamu bisa meminum obat pereda rasa sakit yang dijual bebas untuk menahan rasa sakit sementara. Tapi kamu tetap harus segera memeriksakannya ke dokter gigi untuk mencegah infeksi yang lebih parah.

4. Segera sikat gigi setiap habis makan, terutama setelah memakan yang manis-manis.

5. Gunakan sikat gigi khusus yang memang di khususkan untuk gigi berbehel sehingga akan lebih efektif membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.

6. Jangan gunakan sikat gigi dengan bulu kasar karena bisa menyebabkan inflamasi gingiva.

7. Hindari makanan yang keras. Selain menyebabkan rasa sakit, makanan yang keras bisa menyebabkan ban ortho terlepas, termasuk cincin ortho(ini sudah sangat sering terjadi)

Kalau kamu sendiri tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutmu maka gigi mu akan menjadi rusak.

Penyebab utama terjadinya kerusakan gigi berawal dari bagaimana pola hidup manusia itu sendiri. Sebab tanpa adanya perawatan dan perhatian khusus kepada gigi memperbesar kemungkinan kerusakan gigi sejak dini. Pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi rokok, teh, atau kopi, juga menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi.
Kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies atau peradangan yang berawal dari sisa makanan (debris) yang dibiarkan sehingga terjadi pembusukan.
drg Irma mengatakan, hadirnya kuman lactobacillus acidophilus yang kemudian mengubah sisa makanan menjadi asam, kuman inilah yang akan menggerogoti gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
“Bila sudah ada karies tapi tidak diobati, kuman akan menembus ke tulang gigi dan pada akhirnya akan mengganggu syaraf gigi. tanda-tanda terganggunya syaraf gigi ditandai dengan rasa ngilu ketika kita makan atau minum yang panas atau dingin, rasa ngilunya bisa terasa sampai di kepala,” papar ibu dua anak ini.
Hanya saja, bila keadaan gigi tersebut dibiarkan maka gigi akan mati dan membusuk.Bakteri lain yang menjadi penyebab kerusakan gigi adalah Streptococcus mutans.

Pembusukan oleh bakteri dalam gigi akan meyebabkan infeksi pada jaringan gusi hingga masuk ke dalam aliran darah. Kondisi tersebut semakin diperparah karena dapat berakibat peradangan di bagian tubuh lain seperti pada otot jantung, ginjal, sendi, sakit kepala yang berkepanjangan, mata dan organ tubuh lainnya. Perjalanan kuman tersebut dikenal dengan teori “Focal Infection”, “Ini bisa menyerang hampir seluruh lapisan masyarakat namun untuk saat ini baru ditemukan pada masyarakat menengah ke atas, terutama kalangan atas,” kuncinya.

 


Jangan biarkan gigi kamu rusak karena kamu harus tetap menjaga kebersihan mulut dan gigi mu.!!!😀

7 thoughts on “Tetap cantik,bersih dan mempesona!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s